Cool Blue Outer Glow Pointer

Jumat, 14 Juni 2013

from SIGER to BLANGKON

heyyy bloggieeeee, udah lama gak posting bhahahahaha milkysmile gini-gini sekarang gua mau posting tentang from siger to blangkon *jreng jreng jreeeeeeng*. oke, lets start now !
sekarang gue berdomisili di jogja nih, pastilah culturenya beda banget, sempet diawal stay di jogja agak kaget, kesel karena apa?? yups, karena makanan disini manis semua milkysmile , padahal lidah gue itu gak bisa nerima yang manis *lebay* gue itu agak kurang suka gitu yang manis - manis. apalagi yang bener- bener bikin syok itu pas ngerasain sambel itu manis gak pedes, kalo manis berarti bukan sambel tapi manisan buk!! -pengen bilang gitu, tapi apadaya gue gak berani-

trus dari segi manusianya atau bahasa kita SDMnya jiahhhh ! orang disini itu ramah, pokoknya banyak senyum, percayaan, soasialis deh. beda banget kan negara yang udah gue tinggalin selama 18 tahunan deh kalo gak salah itung. di lampung my beloved country and my lovely city yeah METRO lebih tepatnya, disana terkesan indivualis, cuek, ramah sih tapi gak banyak senyum itupun kalo kenal deket coba kalo kenalnya setengah-setengah pasti gak bakal diinget apalagi ditegor. tapi jujur sikap gue cuek yang gue warisin dari tanah air masih kebawa di domisili gue sekarang. susah banget buat ilang. walaupun susah gue tetep usaha buat lebih baik tapi kalo masalah ciri khas gue, karakter gue, gue enggak mau ngubah. be myself ! .

btw, gua tetep cinta kok sama lampungku, ikam cinto jamo lappung sai wawai, yeah tapi kalo urusan jodoh gue tetep narok hati buat orang jawa bhahahahaha milkysmile . oke gue mau ngasih tau tentang icon lampung dulu deh. lampung itu punya kebanggan icon rakyat loh yaitu SIGER yeeeeeey


kalo kalian ke lampung pasti bakal banyak nemuin icon ini. apalagi pas baru nyampek pelabuhan bakauheni di lampung kalian bakalan liat siger ukuran raksasa tepatnya kita bilang museum / monumen / menara siger gitu deh lupa gue. buat kalian yang perjalanan dari arah jawa pas lagi naik kapal coba dej tengok keluar kapal pasti bakal keliatan betapa agung dan megahnya itu siger jadi bener ngerasain perbedaan budaya deh. kalian tau menara siger ini jadi tempat wisata loh buat kalian yang baru nyampek lampung, soalnya dengan adanya menara ini sebagai titik awal dimulainya 0 km untuk wilayah sumatra.. katanya sih gitu.





siger sendiri punya cerita katanya yang make siger ini tuh punya simbol sisi ke FEMININan, yup feminisme sebuah sisi keanggunan, kenapa gitu gue juga gak tau. biasanya siger ini dipake saat cakak pepadun ( upacara pernikahan) buat pengantin wanita lohhh guys, terus biasa dipake buat acara kebesaran, buat nari deelel deh. kalo asal mulanya siger gue gak tau ya mending googling aja, setau gue kalo gak salah berarti bener ya itu ada kaitannya sama kepercayaan penduduk lampung asli dahulu loh pokoknya mistis - mistis gitu deh..

ini tarian 'sigeh pengunten' artinya kalo gak salah tari sembah gitu. biasanya buat menyambut para datuk, raja dalam sebuah acara kebesaran apapun itu baik lingkup sekolah sampai bener real acaranya orang lampung itu yang dipake pakaian adat khas lampung, pake siger, baju adat, tapis(songket khas asli buatan sanak lampung)




oke next, kita ke blangkon jogja hhahaha milkysmile. gue gak banyak tau soal blangkon gue cuma cah baru dijogja. yang gue tau blangkon itu kain batik yang dipake nutupin kepala atau iket kepala gitu. dipake kaum pria lebih tepatnya abdi dalemnya sultan. sultan itu gubernur jogjakarta kenapa dipanggil sultan soalnya bentuk dia semi kerajaan atau kesultanan gitu makanya di panggil sultan, apalagi jogja pake embel DI yakni Daerah Istimewa ya itu tadi istimewanya bentuk propinsi ini kayak mini kerajaan tapi tetep dibawah naungan RI dan selamanya gak bakaljadi negara terpisah. 

gue bingung kalo harus cerita apa tentang domisili gue sekarang. yang pasti 1 hal keistimewaan blangkon itu dipake terus sama abdi dalemnya sultan, nah kalo ada abdi dalem sultan bar-lalu-lalang di jalan kota yang notabenenya itu jalan dijaga pos polisi. para abdi dalem tadi lolos dari sistem tilang polisi. gak tau kenapa apa karena hoki blangkon atau karena abdi dalemnya sultan. wah yang pasti ini keenakan ya, gak perlu beli helm, pake helm jalan tinggal berangkat gakperlu SIM juga kali ya tau mungkin lampu utama motor matipun gak jadi masalah buat para abdi dalem bhhahaha  just kidding sultan hameng ku love u dah. 1 kata JOGJA ISTIMEWAAAA *chibi mode on*
 milkysmile

0 comments:

Posting Komentar